Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta menarik Provinsi Bengkulu

5 Fakta menarik Provinsi Bengkulu sumber : Wikipedia

Newsmetroindonesia- Mendengar nama Bengkulu mungkin masih banyak yang belum tahu tentang salah satu provinsi yang terletak di pesisir barat pulau Sumatera ini, nah dari pada penasaran mari kita ulas beberapa fakta menarik tentang provinsi Bengkulu.


Sama hal nya dengan provinsi lain, Bengkulu juga memiliki potensi wisata serta kuliner yang tidak kalah menarik loh, Seperti wisata Pantai Panjang , Kebun Teh, dan masih banyak lagi tempat yang lainya.


Namun apakah kamu tahu bahwa ada beberapa fakta menarik tentang Bengkulu ?


Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang provinsi Bengkulu


1. Bendera Merah Putih yang menjahit ibu Fatmawatti asli orang Bengkulu


Dilansir dari halaman Wikipedia , ibu Fatmawati yang bernama asli Fatimah merupakan istri dari presiden pertama Indonesia yaitu bapak Soekarno dan ibunda presiden kelima Megawati Soekarno Putri. Ibu Fatmawati telah berjasa menjahit bendera pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada 17 Agustus 1945.


2. Pernah Terdampak Bencana Gempa Terbesar 7,3 Mw pada Tahun 2000


Provinsi Bengkulu pernah diguncang gempa berkekuatan 7,3 Mw yang menyebabkan 94 korban jiwa tewas, 1500 orang mengalami luka-luka dan juga banyak bangunan yang rusak dengan skala besar.


3. Bunga Raflesia


Di Bengkulu terdapat Bunga Raflessia yang merupakan bunga terbesar didunia yang mekar pada setiap musimnya. Bunga Raflesia juga dijadikan sebagai icon provinsi Bengkulu.


4. Terdapat Benteng Marlborough peninggalan kolonial Inggris


Wilayah Bengkulu dahulu pernah diduduki oleh Inggris pada tahun 1645 hingga tahun 1825. Dan mendirikan benteng marlborough di pesisir laut Kota Bengkulu.


5. Rumah Pengasingan Presiden Soekarno di Provinsi Bengkulu


Fakta yang ada di Provinsi Bengkulu salah satunya terdapat Rumah Pengasingan Presiden Soekarno  yang dipernah diasingkan di Bengkulu. Beberapa peninggalan Tokoh Proklamator Indonesia ini seperti Sepeda, Tempat Tidur, Buku, dan lain sebagainya masih tersimpan rapi di Rumah Pengasingan yang dikenal dengan rumah Bung Karno.


Penutup


Demikianlah artikel tentang 5 fakta provinsi Bengkulu. Semoga dapat menambah wawasan

Posting Komentar untuk "5 Fakta menarik Provinsi Bengkulu "