Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antusias warga Desa pal 100 menerima batuan bibit jahe.dan musyawara untuk kegiatan tahun 2023,sosialisasi penanaman bibit jahe,opmane Drenase tahun 2022.


Newsmetroindonesia.com antusias Warga Desa Pal 100 kecamatan Bermani ulu kabupaten Rejang Lebong. beramai-ramai mendatangi Gudang bibit Desa untuk mengambil bibit jahe yang sudah di siapkan oleh pemerintah desa. 





Kepala Desa PAL 100 mengatakan Bibit jahe ini kami bagikan kepada seluruh warga Desa PAL 100.
Untuk Hari ini yang sudah lengkap persaratan seperti lahan poto kopi ktp dan kk.
Penerima sebanyak 150 kepala keluarga (KK) yang sudah ditetapkan lengkap persaratanya. Per 1 KK mendapatkan 60 kg bibit jahe siap ditanam beserta uang Rp:300,000 (tiga ratus Ribu Rupiah)
Uang ini untuk pembesihan lahan atau pemeliharan lahan.


Jenis Jahe yang kami bagikan adalah jenis Jahe yang siap untuk ditanam.lanjutnya dikatakan kata kepala Desa diruangan Gudang bibit Desa Pal 100.
ketika awak media bertanya untuk siap panen membutuhkan berapa lama? Kades menjawab untuk panen biasanya tanaman jahe sudah berumur 9 bulan dari masa tanam.

Jahe  merupakan tanaman rimpang yang sangat terkenal di kalangan rempah-rempah dan bahan obat. Rimpang yang dimilikinya berbentuk jemari yang menggelembung di ruas-ruas tengah. Tanaman ini dapat dimanfaatkan ke dalam beberapa olahan yang berbeda di setiap negara.
Sebelum pembagian Bibit jahe ini.
Dari pemerintah Desa Pal 100 kecamatan Bermani ulu Kabupaten Rejang Lebong.
Sudah mengundang tenaga ahli untuk sosialisasi masalah penanaman bibit jahet ini.
Dengan Nara sumber Pak Bambang dari kabupaten dan pak subagio dari kecamatan.
Dan dihadirin pendamping desa pendamping kecamatan,pendamping dari kabupaten serta konsultan kabupaten.Babinmas ketua BPD dan semua perangkat Desa serta unsur masyarakat.
Kegiatan ini berlangsung dengan musyawara pembentukan panitia untuk kegiatan tahun 2023.
Dan opname pembangunan Drenase tahun 2022.
Alhamdulilah sampai dengan selesai semua kegiatan ini berjalan aman tertip dan lancar.
Paparan yang disampai kan tim ahli
"Tanaman jahe selama ini sangat banyak dibutuhkan masyarakat, karena jahe merupakan tanaman yang mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh, sehingga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dari serangan virus atau bakteri. Terlebih saat menghadapi bahaya virus Corona saat ini,"ungkapnya 

kades Pal 100 saat disampaikan  ,Rabu,(28/9/2022)
Kemudian kepala Desa menambahkan adapun tujuan memilih bibit jahe ini dari dana ketahanan pangan 20 persen dari dana desa (DD) sesuai dengan kondisi tanah desa kami yang sangat cocok untuk menanam jahe dan masyarakat juga sudah paham cara menanam dan merawatnya.


Dengan harapan semoga bibit jahe merah yang ditanam akan mendapat hasil yang bagus dimana hasil panenya bisa dijual dan dijadikan hasil tambahan bagi semua warga untuk kebutuhan sehari-hari,"pungkasnya kepala Desa PAL 100.

By:admin